Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Minggu, 13 Oktober 2024, Oktober 13, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-13T09:56:59Z
DaerahNasional.

Pj Sekda Barito Utara Ikuti Bimtek Penyusunan APBD 2025 di Yogyakarta.

Advertisement

BIMTEK PENYUSUNAN APBD 2025-Pj Sekda Barito Utara Jufriansyah didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Ismael Marzuki, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Agus Siswadi dan mewakili Kepala Bappedalitbang Barito Utara mengikuti bimtek penyusunan APBD 2025 untuk Pemerintah Kabupaten yang dilaksanakan di Jambuluwuk Malioboro Hotel, Yogyakarta, Rabu (9/10/2024).(itahnews:ist)

MEDIA ITAHNEWS, Yogyakarta – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Barito Utara, Drs Jufriansyah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan APBD 2025 untuk Pemerintah Kabupaten yang dilaksanakan di Jambuluwuk Malioboro Hotel, Yogyakarta, Rabu (9/10/2024). 

Dalam kegiatan tersebut Pj Sekda Jufriansyah didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Ismael Marzuki, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Agus Siswadi dan mewakili Kepala Bappedalitbang Barito Utara.

Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Plh Dirjen Bina Keuda Kemendagri, Horas Maurits Panjaitan yang juga dihadiri oleh Plh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Ditjen Bina Keuda Kemendagri dan Analisis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Madya Subdit Perencanaan Anggara Daerah Wilayah III, Direktur Eksekutif Apkasi dan narasumber dari Ditjen Bina Keuda Kemendagri serta perwakilan beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia.

Pj Sekda Barito Utara, Drs Jufriansyah mengatakan kegiatan Bimtek ini sangat berguna bagi Pemkab Barito Utara dan dapat memberikan dampak yang nyata pada penyusunan ABPD dimasing-masing daerah terutama untuk transformasi digital yang menjadi tuntutan di era saat ini serta untuk mengoptimalisasi integrasi antara sistem informasi keuangan daerah.

“Kegiatan ini sangat berguna dalam rangka penyusunan APBD tahun anggaran 2025 dan juga memberikan dampak yang nyata di daerah masing-masing terutama untuk transformasi digital yang menjadi tuntutan di era saat ini serta untuk mengoptimalisasi integrasi antara sistem informasi keuangan daerah,” kata Jufriansyah. 

Sebelumnya Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang dalam sambutannya menekankan bahwa Apkasi sebagai organisasi yang beranggotakan pemerintah daerah kabupaten di seluruh Indonesia merasa sangat penting untuk melakukan bimtek ini.

Menurut dia, melihat kebutuhan mendesak bagi setiap pemerintah kabupaten untuk mampu beradaptasi dengan perubahan regulasi, khususnya terkait transformasi digital dalam pengelolaan keuangan. 

“Transformasi ini bukan hanya tentang memanfaatkan teknologi, tetapi juga memastikan bahwa tata kelola keuangan daerah menjadi lebih transparan, akuntabel, dan berkelanjutan,” kata Sarman Simanjorang.

Sementara itu, selain membuka kegiatan bimtek, Horas Maurits Panjaitan, Plh Dirjen Bina Keuda Kemendagri juga memaparkan materi yang mengangkat tema Kebijakan Umum Penyusunan APBD tahun anggaran 2025 berdasarkan Permendagri Nomor 15 Tahun 2024 serta Transformasi Digitalisasi dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. 

"Tema ini sangat relevan dalam konteks perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh pemda saat ini," Horas Maurits Panjaitan.

(AF/Redaksi).