Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Senin, 07 Oktober 2024, Oktober 07, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-07T10:15:11Z
DaerahLintas Agama

Kepengurusan MUI Barito Utara terbentuk

Advertisement

MEDIA ITAHNEWS, Muara Teweh - KH. Rusmadi Darsani, LC terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Utara, keputusan ini tertuang dalam  Keputusan Nomor 8/MUSDA VI / MUI-BARUT/X/2024 tentang Hasil Keputusan Tim Formatur Pada Musda VI MUI Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 Tanggal 6 Oktober 2024 M bertepatan dengan 4 Rabiul Akhir 1446 H. Keputusan tersebut menetapkan pertama personalia Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Utara masa Khidmat 2024- 2029. Kedua Musda IV MUI Kabupaten Barito Utara tahun 2024 mengamanatkan Kepada pengurus MUI masa Khidmat 2024 - 2029 untuk melengkapi komisi -komisi sesuai kebutuhan yang diperlukan dan melaksanakan/ mensosialisasikan keputusan ini dengan melakukan pendekatan, kerjasama dan koordinasi dengan pihak yang berkompeten.

Pemilihan secara aklamasi diputuskan pada  Rapat Tim Formatur Musda VI MUI Barito Utara di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Tim Formatur terdiri dari 11 orang  meliputi perwakilan dari MUI Kabupaten Barito Utara, MUI Demisioner, MUI Kecamatan, perwakilan Pondok Pesantren dan tokoh masyarakat dan 1 orang perwakilan MUI Provinsi Kalimantan Tengah.

Pertimbangan rapat tim Formatur memilih KH. Rusmadi Darsani LC adalah menilai bidang keilmuan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan  antar ulama dengan umaro serta bisa mempererat toleransi antar umat beragama di Kabupaten Barito Utara.

Ketua Umum terpilih KH. Rusmadi Darsani LC menyatakan amanah ini merupakan hal yang harus dijalankan di tengah keterbatasan dan kesibukan namun dengan dukungan semua pihak saya berharap kita bisa bersama menjankan amanah ini dan  terlebih penting adalah  menjaga umat serta bisa bersinergi mendukung dan menyukseskan program keagamaan dan pembangunan di kabupaten Barito Utara. 

Musda VI  hari kedua  Ahad 6 Oktober 2024 dengan  agenda  pemilihan pimpinan sidang, Pleno I jadwal paparan dan diskusi oleh Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup M.Si.l,  Pleno II penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) MUI Barito Utara, laporan kegiatan MUI kecamatan dan tanggapan atas LPJ MUI Barito Utara. Pleno III penjelasan MUI Barito Utara, pernyataan Demisioner pengurus MUI masa khidmat 2024-2029, sidang tiga komisi dan rapat tim formatur serta  pada lanjutan  pukul 12.00 s.d 13.30 wib dilaksanakan sidang pleno komisi dan laporan hasil rapat tim formatur.

Koordinator Wilayah MUI Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup M.Si yang juga salah seorang unsur Ketua MUI Provinsi Kalimatan Tengah yg membidangi Ukhuwah Islamiyah megucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan Musda VI sesuai jadwal  yang ditentukan dan beliu pada saat diskusi menekankan bahwa Visi MUI adalah terciptanya kondisi kehidupan kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan yang baik, memperoleh ridha dan ampunan Allah SWT (Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur) menuju  masyarakat terbaik (Khaira Ummah) untuk mewujudkan Izzul Islam walmuslimin dalam NKRI sebagai manifestasi rahmatan lilalamin.

Susunan personalia pengurus Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Barito Utara masa khidmat 2024-2029
Dewan pertimbangan Ketua H. Hamzah S.Pd.I
Wakil Ketua Drs. H. Khaerudin dan H. Robansyah, SIP. Anggota -anggota : Dr.H.Tajeri, SE, MH, MM., Hj.Nuryana Mujeran, S.Pd.I, M.Pd, H.A.Koryadi,S.Pd, H.Ramli HM, S.Pd.I, H.Masrani, M.IP, dan H.M.Nasir.
Dewan Pimpinan Harian: Ketua Umum KH. Rusmadi Darsani LC, Wakil Ketua Umum H. Al Hadi S.Pd.I, 
Ketua-ketua:
Dr.Rahmat Muratni, M.AP, H.Arbaidi, SE, MAP,  Edy Warsito, SKM, SIP, M.Kes, H.Hasan Basri, ST,MT, H.Nurdin Ridha, SE, Hj.Nurul Yakin, S.Pd, M.Pd, H.Deni Hariadi, SE, H.Indra Jaya, S.Pd.I, M.Pd, dan H.Alpiansah,S.Ag
Sekretaris Umum Mardjulin, S.Pd.I Sekretaris: H.Hadriansyah, S.Pd.I, H.Riduansyah, S.Pd.I, Fathurrahman, S.Pd.I Muhammad Zakaria, Ahmad Rifaie, dan Soni Anwari Husni, S.Pd.I
Bendahara Umum Saptadi Nuari,S.Pd.I. serta Bendahara H.Nirhasani,SE, M.AP.

Untuk susunan personalia Komisi-komisi menyusul setelah terbit SK dari Dewan Pimpinan MUI Provinsi Kalteng yg akan dilengkapi oleh Dewan Pertimbangan dan Pengurus MUI Kabupaten Barito Utara.

(Tim/Redaksi).