Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Rabu, 09 Oktober 2024, Oktober 09, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-09T10:50:58Z
DaerahDPRD.

Anggota DPRD Barito Utara ini Apresiasi Sosialisasi Pendidikan Politik

Advertisement

H Taufik Nugraha

MEDIA ITAHNEWS, Muara Teweh – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Kabupaten Barito Utara melaksanakan sosialisasi pendidikan politik dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 di Kecamatan Teweh Tengah mendapat tanggapan dari anggota DPRD Barito Utara, H Taufik Nugraha.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Barito Utara ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga terlaksananya kegiatan sosialisasi pendidikan politik tahun 2024. 

Menurut H Taufik Nugraha, pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dalam konteks negara demokratis seperti indonesia, pemahaman yang baik tentang politik tidak hanya menjadi hak, tetapi juga kewajiban setiap individu,” kata politisi PDI Perjuangan Barito Utara ini, Rabu (9/10/2024) di Muara Teweh. 

Hal ini kata dia dengan memahami seluk-beluk politik, kita dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Dirinya juga mengatakan, pendidikan politik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang aspek-aspek politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta cara berpartisipasi dalam kehidupan politik. 

“Dengan mengetahui aspek-aspek itu diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih berdaya, demokratis dan peka terhadap isu-isu yang ada,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap acara sosialisasi pendidikan politik yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Barito Utara tersebut tidak hanya menjadi kegiatan formal, tetapi juga dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap politik dan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Dengan demikian, akan tercipta masyarakat yang lebih cerdas, berdaya, dan peduli terhadap isu-isu sosial dan politik yang ada,” imbuhnya. 

H Ufik panggialan akrab Taufik Nugraha ini juga mengatakan, pada hari Rabu tanggal 27 November 2024 nanti, kita akan melaksanakan pemungutan suara. “Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak golput,” pintanya. 

Kita semua berharap kata H Ufik Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Barito Utara ini dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses. “Mari kita jaga ketertiban dan keamanan sebelum serta setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” pungkasnya.

(Tim/Redaksi).