Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Kamis, 10 Oktober 2024, Oktober 10, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-10T09:02:37Z
DaerahPemkab.

Pemkab Barito Utara Syukuran HUT PGRI ke 79 dan HGN tahun 2024.

Advertisement

SAMPAIKAN SAMBUTAN HUT PGRI DAN HGN 2024-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis sampaikan sambutan pada acara syukuran HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2024 di Arena Tiara Batara Muara Teweh, Kamis (10/10/2024).(foto:itahnews). 

MEDIA ITAHNEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melaksanakan syukuran HUT PGRI dan Haru Gunu Nasional (HGN) tahun 2024, di arena Tiara Batara Muara Teweh, Kamis (10/10/2024).

Hadir dalam acara syukuran HUT PGRI ke 79 dan HGN tahun 2024, mewakili Unsur FKPD, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag barito Utara, anggota DPRD Barito Utara, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua Kabupaten PGRI Barito Utara dan para guru 

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis dalam sambutannya menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya yang telah melaksanakan acara syukuran HUT PGRI ke 79 dan Hari Guru Nasional tahun 2024 pada hari ini.

“Peran guru dalam perjalanan bangsa indonesia sangat besar dan sangat menentukan. Guru yang menjadi pembimbing, guru yang menjadi motivator, guru yang menjadi mentor, guru yang menjadi sahabat sekaligus guru yang menjadi panutan,” kata Pj Bupati Muhlis. 

Dikatakannya, dengan peran guru yang sangat strategis ini, pemerintah menaruh harapan besar kepada para guru dan berharap PGRI dan seluruh jajaran pendidik untuk terus memperjuangkan pendidikan yang inklusif, yang aman, yang nyaman dan sekaligus menyenangkan anak-anak kita semuanya. 

Dijelaskan Pj Bupati, sekolah harus menjadi taman belajar untuk menumbuh kembangkan bakat dan potensi anak, menjadi anak yang kokoh secara fisik, emosional, dan spiritual, serta anak yang cerdas dan terampil. 

“Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa,” imbuhnya. 

Lebih lanjut Pj Bupati dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi anggota organisasi profesi guru. Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya.

Tema peringatan HUT ke-79 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2024  dengan tema “Guru Bermutu Indonesia Maju”. 

Menurut Pj Bupati tema ini menunjukkan bahwa PGRI selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk terus maju mewujudkan anak indonesia cerdas dan berkarakter ditengah maraknya persaingan dalam dunia industri untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta menguatkan karakter bangsa sesuai dengan falsafah pancasila. 

PGRI kata dia juga terus berupaya untuk dapat memperjuangkan hak-hak guru di Kabupaten Barito Utara menuju guru yang sejahtera. PGRI menyadari, tidak ada kemenangan tanpa kekuatan. Tidak ada kekuatan tanpa persatuan. Tidak ada persatuan tanpa berhimpun dan berserikat secara profesional untuk kepentingan pembangunan bangsa.

PGRI selalu mendorong pemerintah agar memberikan penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial, sebagaimana dinyatakan oleh UU nomor 14 tahun 2005 dan tidak terlambat dalam memenuhi hak-hak guru. 

“PGRI telah dan akan terus menunjukkan komitmen mengawal dan memperjuangkan kebijakan pendidikan dan guru agar semakin baik. Saat ini, PGRI tetap mengawal berbagai perubahan peraturan perundang-undangan tentang guru dan tenaga kependidikan, seperti pengaturan tentang pelaksanaan sertifikasi guru, PPG, pengaturan penghasilan minimum guru Non-Pns, dan perubahan Permenegpan dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru. 

Selain itu kata Pj Bupati, PGRI juga mengawal pemerintah untuk terus bekerja keras dalam memberikan dukungan terhadap guru termasuk peningkatan kesejahteraan, permasalahan guru honorer misalnya, terkait dengan kepastian karir dan kesejahteraannya, saat ini sudah tahap demi tahap teratasi berkat program seleksi guru ASN PPPK.

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa kesejahteraan guru untuk tingkat pendidikan dasar atau yang menjadi kewenangan Pemertintah Kabupaten Barito Utara telah dinaikan pada masa kepemimpinan Bupati terdahulu. 

Pj Bupati Muhlis juga berharap agar setiap guru dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan. Di era digital ini, kita dituntut untuk beradaptasi dengan berbagai metode pembelajaran yang inovatif. 

“Mari kita saling mendukung, berbagi pengalaman, dan bekerjasama untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan menyenangkan bagi siswa-siswa kita. Semoga setiap guru memiliki akses terhadap pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut,” kata dia.

Pada kesempatan itu juga Pj Buapti Muhlis menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras melaksanakan acara syukuran HUT PGRI ke 79 dan Hari Guru Nasional tahun 2024.  

“Semoga para guru, dosen, dan tenaga kependidikan untuk mengamalkan jati diri PGRI, melaksanakan kode etik guru, dan selalu meningkatkan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan masyarakat,” pungkasnya.

(AF/Redaksi).