Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Sabtu, 05 Oktober 2024, Oktober 05, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-06T04:27:53Z
DaerahLintas Agama

Musda VI MUI Barito Utara Tahun 2024.

Advertisement

MEDIA ITAHNEWS, Muara Teweh- Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Utara melaksanakan Musyawarah Daerah VI   yang dilaksanakan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) selama dua hari tanggal 5 s.d 6 Oktober 2024. Kegiatan dihadiri Asisten  II  Bidang Perekonomian dan  Pembangunan Sekretaris Daerah mewakili Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua, pengurus MUI Provinsi Kalimantan Tengah,  Kabupaten dan  perwakilan sembilan kecamatan.

Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dalam sambutannya yang disampaikan H. Gazali Montallatua S.Sos.,  M.AP Asisten II  Bidang Perekonomian dan  Pembangunan  atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Barito Utara menyampaikan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Daerah MUI, diharapkan kedepannya MUI selalu berperan aktif serta ikut dalam memajukan pembangunan khususnya bidang agama. MUI dan para alim ulama  khususnya harus menjadi pelopor terdepan dalam memberikan suri tauladan yang baik bagi masyarakat muslim khususnya.
"Kehadiran MUI sangat diperlukan dalam rangka memperbaiki dan membagun akhlak generasi umat dan moral bagsa"
Pj. Bupati juga menyampaikan Musda merupakan kegiatan strategis untuk menyusun rencana program kerja supaya terarah dan terkoordinasi dengan baik, sebagai forum musyawarah, forum musyawarah sebagai tempat untuk mengevaluasi terhadap kegiatan yang telah dijalankan serta pembahasan program ke depan yang realistis, terpadu dan sistematis dalam rangka meningkatkan kerjasama.

Koordinator Wilayah MUI Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup M.Si  Syamsuri Yusup yang juga
salah seorang unsur Ketua MUI Provinsi Kalteng yg membidangi Ukhuwah Islamiyah menyampaikan tugas MUI diantaranya  khadimul ummah merupakan kesediaan untuk melayani menuju masyarakat yang aman dan damai.  MUI menjaga umat serta MUI bisa bersinergi dengan pemerintah dan Instansi vertikal lainnya dalam mendukung /menyukseskan kegiatan keagamaan, pemerintah dan pembangunan. secara definitif MUI adalah wadah atau majelis yang menghimpun para ulama, zuama dan cendekiawan muslim Indonesia tujuannya adalah untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam Indonesia demi mewujudkan cita-cita bersama.
Peran organisasi MUI :
1.Khadimul ummah (pelayan ummat)
2 Shodiqul hukumah (mitra pemerintah).
Tugas / peran Ulama
1. Himayatul Ummah ( menjaga ulama)
2. Himayatuddin (menjaga agama).
3. Himayatud daulah (menjaga negara)

MUI Provinsi Kalimantan Tengah juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Barito Utara  yang telah mengalokasikan bantuan kepada rumah- rumah  ibadah di kabupaten Barito Utara dan MUI kabupaten Barito Utara yang sudah memberikan pelayanan kepada umat. 

(Tim/Redaksi).