Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Sabtu, 19 Oktober 2024, Oktober 19, 2024 WIB
Last Updated 2024-10-20T06:31:09Z
DaerahPemkab.

Boikot Debat Publik di Jakarta, Pembahasan Soal Debat Alot.

Advertisement

RAPAT BAHAS DEBAT PUBLIK-KPU Kabupaten Barito Utara menggelar rapat bersama tim pemenangan paslon 01 dan paslon 02 untuk menentukan pelaksanaan debat publik, di Rumah Pintar Pemilu, KPU setempat, Sabtu (19/10/2024) malam.(foto:itahnews). 

MEDIA ITAHNEWS, Muara Teweh - Tidak hanya anggaran perubahan Kabupaten Barito Utara yang diboikot, Tim Pemenangan Gogo-Helo tidak bersedia jika debat publik pertama diadakan di Jakarta.

Hal ini terungkap dalam rapat membahas lokasi debat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Sabtu (19/10/2024) malam. Padahal, KPU Barito Utara telah menjadwalkan debat pertama di televisi nasional Jakarta dan debat kedua di Kota Muara Teweh disiarkan televisi lokal.

"Memang dari awal Agi-Saja siap mengikuti jadwal dari KPU mengenai debat pertama di Jakarta, karena ini sangat baik bagi daerah kita dapat ditonton secara nasional," ujar Andhy Irwan mewakili Tim AGI-SAJA yang hadir bersama Karianto Saman dan Iqbal Herianto, usai rapat koordinasi yang dihadiri tim 01 serta dipimpin Ketua KPU Barito Utara, Siska Dewi Lestari dan seluruh anggota KPU, Kabag Ops Polres Barito Utara serta Bawaslu Barito Utara.

Rapat pembahasan, lanjut dia, belum memutuskan apakah debat pertama dilaksanakan atau tidak, sebab paslon 01 tidak bersedia di Jakarta. Sedangkan 02 tetap menginginkan sesuai jadwal yang telah dipublis ke publik.

"Kemudian muncul juga keinginan 01 agar debat publik tidak disiarkan langsung, namun siaran tunda, tentu kami keberatan karena kita mengikuti sesuai jadwal yang ada disiarkan langsung," ungkapnya.

Ditambahkan Iqbal, pihaknya meminta jangan ada intervensi terhadap KPU Barito Utara, sebab KPU adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang perlu mendapat dukungan masyarakat, guna melaksanakan tugas agar pelaksanaan Pilkada Kabupaten Barito Utara berjalan lancar, aman dan damai, tanpa intervensi.

Sementara itu, KPU Barito Utara meminta menunggu sikap resmi pihaknya, pasca rapat koordinasi tadi malam. Kendati belum ada pengumuman resmi, namun di media sosial telah beredar jadwal debat publik dari sejumlah pihak.

(AF/Redaksi).